POTENSI DIRI


 

FREDRIKA WELHELMINA

20190306052 ( KJ10 )

REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN

 

TUGAS KEWIRAUSAHAAN 1

 

POTENSI DIRI

 

Potensi adalah kemampuan dalam diri yang belum teraktualisasi, belum di praktikkan, dan belum digunakan. Artinya, kemampuan tersembunyi dihadapkan dengan peluang yang jika tidak dioptimalkan menjadi tiada berguna.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , potensi diri adalah kemampuan dan kualitas yang dimiliki seseorang, namun belum dipergunakan secara maksimal.

 

Jenis-jenis potensi diri sebagai kemampuan atau kecerdasan :

 

1.      Kemampuan Sosiologis

Yaitu, kemampuan seseorang untuk peka terhadap masalah sosial di sekitar.

2.      Kemampuan Naturalis

Yaitu, kemampuan seseorang untuk peka terhadap lingkungan alam sekitar

3.      Kemampuan Musikal

Yaitu, kecerdasan seseorang untuk menciptakan harmoni lewat suara

4.      Kemampuan Spasial

Yaitu, kecerdasan seseorang yang berhubungan dengan pemahaman akan pemetaan

5.      Kemampuan Visual

Yaitu, kecerdasan seseorang untuk menciptakan kreasi visual

6.      Kemampuan Logika

Yaitu, kemampuan seseorang untuk berpikir logis dan matematis

7.      Kemampuan Linguistik

Yaitu, kemampuan seseorang dalam bebahasa

8.      Kemampuan Kinestetik

Yaitu, kemampuan seseorang untuk menggerakan tubuhnya

9.      Kemampuan Interpersonal

Yaitu, kemampuan seseorang untuk menjalin hubungan social

10.  Kemampuan Intrapersonal

Yaitu, kemampuan seseorang untuk memahami,mengatur serta memanajemen diri sendiri.


1. Buatlah daftar potensi diri Anda (dengan urutan tertinggi yang paling potensial)

JAWAB

Melalui daftar diatas urutan tertinggi – terendah potensi diri saya adalah :

1.      Kemampuan Intrapersonal

2.      Kemampuan Sosiologis

3.      Kemampuan Interpersonal

4.      Kemampuan Linguistik

5.      Kemampuan Spasial

6.      Kemampuan Naturalis

7.      Kemampuan Logika

8.      Kemampuan Kinestetik

9.      Kemampuan Musikal

10.  Kemampuan Visual

2    2. Jelaskan strategi yang anda gunakan untuk untuk memaksimalkan masing-masing potensi diri anda.

JAWAB :

Kemampuan Intrapersonal

Menurut test yang ada saya termasuk tipe orang yang introvert, disini saya memaksimalkan diri dengan memahami, mengatur dan memanajemen diri sendiri.

Kemampuan Sisiologis

Saat ini saya memahami diri saya sebagai orang yang bersifat netral dalam suatu permasalahan. Saya selalu berfikir untuk menempatkan diri agar merasakan bagaimana jika saya berada di posisi diantara pihak yang berselisih.

Kemampuan Interpersonal

Ketika saya berada dilingkungan saya senang berbicara aktif dalam orang-orang terdekat saya. Disini saya berusaha untuk menjaga hubungan saya dengan orang disekitar

Kemampuan Linguistik

Saya memiliki kekurangan dalam berbahasa asing, tapi saya senang ketika menonton film asing dan saya ingin mengembangkan kualitas berbahasa saya dengan menonton film.

Kemampuan Spasial

Saya dapat mengembangkannya melalui aktivitas visual sehari-hari dan menggunakan gmaps dalam berpergian

3. Apa yang belum , sedang dan sudah anda lakukan dalam memaksimalkan masing-masing potensi diri anda.

JAWAB :

Belum              : Kemampuan Kinestetik,Kemampuan Musikal & Kemampuan Visual

Sedang            : Kemampuan Interpersonal,Kemampuan Linguistik,Kemampuan Spasial,

  Kemampuan Naturalis dan Kemampuan Logika

Sudah              : Kemampuan Intrapersonal & Kemampuan Sosiologis

 

Comments