INSIDE OUT (IDEA GENERATION) & THE OUTSIDE IN OPPORTUNITY RECOGNITION

 


FREDRIKA WELHELMINA

20190306052 ( KJ10 )

REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN

 

TUGAS KEWIRAUSAHAAN 3

Buat masing

masing 2 Idea Usaha :

1.      Inside out idea generation

2.      The out side in opportunity recognition


Jawab  :


1.      Inside Out (idea generation) adalah pendekatan berdasarkan gagasan sebagai kunci yang menentukan keberhasilan usaha.

Contoh :

- Membuka rumah makan dengan bumbu yang dipakai turun-menurun, sehingga cita rasa tetap terjaga. Rumah Makan yang memiliki cita rasa yang khas dan enak akan membuat pelanggan ingat dan pelanggan akan melabel rumah makan ini berbeda dan mampu mempertahankan cita rasanya.

- Usaha makanan ringan (snack), untuk pribadi yang suka dengan snack memungkinkan mereka untuk mencoba cita rasa snack yang khas dan berbeda sehingga memunculkan inovasi baru dan rasa snack yang baru.

 

2.      Pendekatan Outside in atau Opportunity Recognition, yaitu pendekatan yang menekankan pada basis ide bahwa kebutuhan akan berhasil apabila menanggapi atau menciptakan kebutuhan di pasar

Contoh :

- Membuka usaha furniture dari kayu berkualitas terbaik karena dekat dengan bahan baku. Salah satu teori lokasi industry adalah menentukan lokasi usaha untuk memperhatikan tingkat efisiensi produksi. Jika usaha dekat dengan bahan baku, akan mempercepat waktu produksi dan mengurangi biaya pengangkutan bahan baku.

- Faktor kebutuhan di lingkungan sekitar dapat menjadi ide usaha, salah satu contohnya usaha Laundry jika di daerah sekitar tempat tinggalnya banyak pekerja yang tinggal di mess proyek, usaha Laundry ini sangat membantu dan menjaminkan usaha karena pekerja akan sangat membutuhkan jasa cuci bajunya.

 

sumber-sumber ide bisnis

1.      Kreativitas, Kreativitas seseorang dalam menciptakan produk yang unik dan bermanfaat bagi orang banyak merupakan sember ide bisnis. Dengan kreativitas produk yang dihasilkan akan memiliki daya tarik tersendiri bagi kebanyakan konsumen.

2.      Pelanggan, Jaringan, relasi. dan Bersilaturahmi merupakan kunci akan datangnya rejeki berupa relasi yang akan membentuk jaringan. Ide bisnis berdasarkan jaringan dan relasi ini memiliki keuntungan adanya tingkat kepercayayaan yang baik. Semakin luas jaringan dan relasi, maka akan semakin besar kesempatan kita untuk menawarkan barang atau jasa yang kita miliki.

3.      Jaringan dan relasi. Bersilaturahmi merupakan kunci akan datangnya rejeki berupa relasi yang akan membentuk jaringan. Ide bisnis berdasarkan jaringan dan relasi ini memiliki keuntungan adanya tingkat kepercayaan yang baik. Semakin luas jaringan dan relasi, maka akan semakin besar kesempatan kita untuk menawarkan barang atau jasa yang kita miliki.

SOURCE : https://medium.com/@msprawira/sumber-sumber-ide-bisnis-inside-out-dan-the-out-side-in-or-opportunity-recognition-222bde832da8


Comments